PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN S K R I P S I

KOSDINATA, KOSDINATA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN S K R I P S I. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
EKOS SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas V SDN 25 Ampenan didasari pada masih kurangnya inovasi dan kreasi guru IPA dalam mencari dan menemukan tipe pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Proses pembelajarannya lebih didominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain juga masih kurang kondusif dan tidak ada inisiatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Sehingga untuk mengatasi masalah pembelajaran diatas peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a- Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 25 Ampenan yang berjumlah 29 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa siklus I, II dan siklus III diperoleh rata – rata nilai siswa 38,96, 55,51 dan 78,96. Untuk skor rata – rata aktivitas siswa sebesar 8,31 yang tergolong dalam kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi 10,34 yang tergolong dalam kriteria aktif pada siklus II menjadi 13,79 yang tergolong dalam kriteria sangat aktif pada siklus III. Sedangkan skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru juga meningkat dari 2,25 yang tergolong dalam krtieria kurang baik pada siklus I menjadi 2,63 yang tergolong dalam kriteria cukup baik pada siklus II menjadi 3,81 yang tergolong dalam kriteria baik pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a-Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 25 Ampenan tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Tipe Make a-Match, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item View Item