ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER PADA KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018

AMALIAH, AMETHISTA INDAH (2018) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER PADA KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik dan faktor- faktor penyebab kesalahan tersebut berdasarkan klasifikasi kesalahan Newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA SMA Negeri 7 Mataram yang berjumlah 248 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan diambil sebanyak 10% dari populasi yaitu sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban peserta didik menunjukan bahwa pada peserta didik berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap Encoding Errors sebanyak 96,66%, process skill errors sebanyak 60%, transformation errors sebanyak 46,66% dan comprehension errors sebanyak 43,33%. Kemudian pada peserta didik berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada encoding errors sebanyak 88,54%, process skill errors sebanyak 48,43%, comprehension errors sebanyak 43,75%, dan transformation errors sebanyak 21,87%. Dan untuk peserta didik berkemampuan tinggi hanya melakukan kesalahan pada encoding errors sebanyak 37,50%, comprehension errors sebanyak 20,83%, dan process skill errors sebanyak 17%. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear yaitu peserta didik kurang menguasai materi program linier, peserta didik kurang dalam menguasai materi prasyarat yaitu pertidaksamaan linier, kebiasaan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, peserta didik kurangn latihan mengerjakan soal-soal bentuk cerita dengan variasi yang berbeda, peserta didik kurang teliti dalam mengerjakan soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan yang diminta oleh soal, dan terburu- buru dalam mengerjakan soal sehingga tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, faktor penyebab, program linier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:37
Last Modified: 21 Aug 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item