PENGGUNAAN MULTIMEDIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMPN KOTA MATARAM

FARIDA FITRIANI, FARIDA FITRIANI (2014) PENGGUNAAN MULTIMEDIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMPN KOTA MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I. PENDAHULUAN.docx

Download (25kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan multimedia maupun tidak menggunakan multimedia. Berdasarkan permasalahan tersebut ditetapkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara menggunakan multimedia maupun yang tidak menggunakan multimedia. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survei, wawancara tak berstruktur (unstructured interview), dan observasi. Hasil penelitian ini berupa pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran menggunakan multimedia pada pembelajaran berbicara di SMPN kota mataram. Hasil penelitian ini berupa proses pelaksanaan pembelajaran dan perbedaan pembelajaran yang tidak menggunakan mutlimedia maupun menggunakan multimedia. Proses pelaksanaan meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Selanjutnya perbedaan pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia maupuan menggunakan multimedia dapat dilihat saat mengevaluasi hasil pembelajaran. Hasil evaluasi yang sangat baik menunjukkan bahwa penggunaaan multimedia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sangat besar pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran, multimedia, berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item View Item