SARI, MARVILIA FAJAR (2011) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Tipe Learning Community Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 25 Mataram Tahun 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
S1-PGSD E1E007094.docx Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 25 Mataram pada mata pelajaran IPA melalui penerpan pembelajaran Kontekstual (CTL) tipe Learning Community. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-3 dilakukan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 25 Mataram yang berjumlah 29 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru diperoleh dari lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai aktivitas dan hasil belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa adalah 9,17 dengan kriteria cukup aktif sedangkan pada siklus II dan III nilai aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 11,5 dengan kriteria aktif dan 14,3 dengan kriteria sangat aktif, selain itu presentase ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut adalah 53%, 71%, dan 85%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Kontekstual tipe Learning Community, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 04:14 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 04:14 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7601 |
Actions (login required)
View Item |