PENGGUNAAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

AGUSTINI, BAIQ (2011) PENGGUNAAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIQU.doc
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang belum optimal serta rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan tidak digunakannya KIT IPA dalam pembelajaran di karenakan kurangnya wawasan guru terhadap penggunaan KIT IPA sehingga media KIT IPA tidak pernah dimanfaatkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru lebih dominan menerapkan metode ceramah sehingga membuat siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Apakah penggunaan KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 25 Ampenan.? Dalam penelitian ini siswa akan melakukan percobaan menggunakan KIT IPA untuk menemukan, membuktikan konsep tentang sifat-sifat benda cair. Percobaan ini bertujuan agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SDN 25 Ampenan dengan subyek 33 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Observer adalah Hj. Yudian Hasan A.Ma.Pd. Penelitian tindakan kelas ini tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer evaluasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa dengan menggunakan tes (essay) selanjutnya data-data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I yang diperoleh 53,3%, dengan kreteria cukup aktif. Siswa yang mengikuti tes sebanyak 33 orang dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 40, jumlah nilai tes 2250, nilai rata-rata kelas 68,1 persentasi ketuntasan klasikal 72,72%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orang sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang. Pada siklus II hasil penelitian aktivitas belajar siswa 86,7% dengan kriteria sangat aktif, siswa yang mengikuti tes sebanyak 33 orang, dengan nilai tertinggi 100, nilai terendah 60, jumlah nilai tes, 2570 nilai rata-rata kelas 77,9 persentase ketuntasan klasikal 87,87% siswa yang tuntas sebanyak 29 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang. Dari siklus I dibandingkan dengan siklus II terjadi kenaikan terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaaan KIT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KIT IPA, Hasil Belajar, Sifat Benda Cair.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:07
Last Modified: 31 Aug 2018 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7618

Actions (login required)

View Item View Item