PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 31 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

M A R Z U K I, M A R Z U K I (2012) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 31 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PTK DIAJUKAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (110MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia ditekankan pada mata pelajaran yang sanggup menjawab tantangan global dan perkembangan IPTEK dengan penekanan yang lebih banyak pada aspek belajar (learning) dari pada mengajar (teaching). Target Kurikulum (SK/KD) merupaka standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh pesserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas VI pada pembelajaran IPA setelah penggunaan metode eksperimen dan (b) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah di SD Negeri 31 Cakranegara. Data diperoleh dari lembar observasi dan Tes Evaluasi. Data dari lembar observasi dipergunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa setelah penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA, sedangkan data dari tes evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika keaktifan siswa mencapai 80% minimal bekategori aktif dan 80% nilai hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 70. Hasil Analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa meningkat Dari hasil analisis tentang aktivitas siswa secara keseluruhan diperoleh data sebagai berikut: a) Siklus I sebesar 77.5 %, b) Siklus II sebesar 87.5 %,. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian hingga akhir siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yang cukup besar yaitu 10%, hingga melampaui target akhir yang direncanakan sebesar 80%. Hasil belajar menunjukkan peningkatan cukup besar setelah dioptimalkannya metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terutama pada materi konduktor dan isolator panas,yaitu pada siklus I persentase ketuntasan 51% sedangkan pada siklus II mencapai 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khsusnya materi konduktor dan isolator panas serta pemanfaatan bahan-bahan konduktor dan isolator panas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Eksperimen, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item