PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2011/2012

Dewi, Komang Intan Paramita (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara di SDN 3 Sesela khususnya kelas IV, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah bila dibandingkan dengan KKM di sekolah tersebut. Hal ini dapat dilihat pada hasil siswa yang masih belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dipandang guru sebatas pada kemampuan kognitif dengan mengabaikan unsur-unsur lain yang tak kalah pentingnya seperti afektif dan psikomotor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Sesela tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Siklus I dilaksanakan pada bulan Januari dan siklus II dilaksanakan pada bulan Maret. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Sesela. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN 3 Sesela tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data hasil belajar dikumpulkan melalui hasil tes evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dikatakan meningkat apabila secara klasikal jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai 75% dan penerapan STAD mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain yaitu guru mampu menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik, siswa tidak gaduh di dalam kelas. Sedangkan kekurangannya antara lain, yaitu penguasaan kelas harus diperbaiki karena guru belum mampu menerapkan langkah-langkah STAD, siswa terkesan kurang antusias. Jika dilihat pada penerapan STAD mencapai 62,5% dan evaluasi hasil belajar mencapai 10%, maka pada siklus I ini belum memenuhi indikator ketercapaian sehingga sangat diperlukan adanya perbaikan pada siklus II. Pada siklus II telah dilakukan tindakan perbaikan, namun masih terdapat kekurangan yaitu pada pemberian tugas, guru lebih dulu membagikan tugas kepada siswa baru menjelaskan langkah-langkah pengerjaannya, sehingga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus II, dapat dilihat bahwa penerapan STAD mencapai 87,5% dan dan evaluasi hasil belajar mencapai 76,6%. Hal ini berarti penerapan STAD dan hasil belajar siswa telah melebihi indikator ketercapaian yang telah ditentukan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Sesela tahun ajaran 2011/2012. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan memperhatikan kekurangan yang terjadi pada siklus II, sehingga penelitian selanjutnya memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisions, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item