PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 39 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BARATALIA, NILAM JUITA (2013) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 39 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NILAM.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 39 Mataram. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan alternatif bagi guru untuk memecahkan masalah hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan pada bulan November, sedangkan siklus II dan siklus III dilaksanakan pada bulan Desember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 39 Mataram. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 39 Mataram. Data dikumpulkan melalui hasil tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil siklus I pada penerapan metode Mind Mapping diperoleh 63,2%, hasil belajar psikomotorik diperoleh 61,1%, hasil belajar afektif diperoleh 4 orang siswa yang menjawab bosan, hasil belajar kognitif siswa diperoleh 48,1%. Hasil siklus II pada penerapan metode Mind Mapping mencapai 86,7%, hasil belajar psikomotorik diperoleh mencapai 87,5%, hasil belajar afektif diperoleh 1 orang siswa yang menjawab bosan, hasil belajar kognitif siswa mencapai 88%. Hasil siklus III pada penerapan metode Mind Mapping mencapai 97%, hasil belajar psikomotorik diperoleh mencapai 97,2%, hasil belajar afektif semua siswa menjawab senang belajar dengan menggunakan Mind Mapping, hasil belajar kognitif siswa mencapai 92%. Hal ini berarti penerapan metode Mind Mapping dan hasil belajar siswa melebihi indikator ketercapaian yang telah ditentukan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 39 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Mind Mapping, Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:22
Last Modified: 12 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7961

Actions (login required)

View Item View Item