PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN I TELAGAWARU KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

HALIMAH, HALIMAH (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN I TELAGAWARU KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 oke.docx
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang berpengaruh pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. hal ini disebabkan oleh guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, dimana guru lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai penerima informasi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil deskripsi objektif tentang pembelajaran dengan model make a match pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga Waru tahun ajaran 2012/2013 untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data aktiitas guru dan siswa diambil menggunkan lembar obervasi, sedangkan kemampuan membaca siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus dan penganalisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. peneltian ini menggunakan populasi dengan subek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IV. Dari hasil analisis terhadap aktivitas guru dan siswa serta hasil belajr dalam dua siklus menunjukan bahwa pada siklus I skor aktvitas guru 16 dengan kategori baik dan skor aktivitas siswa siswa 17 dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,10 dan ketuntsan klaikal 75%, sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru 22 dengan kategori sangat baik dan skor aktivitas siswa 19,75 dengan kategori sangat tinggi denan nili rata-rata hasil belajar siswa77,30 dan ktuntasan klasikal 88,46%. Dengan demikian berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dalam peelitian ini dapat meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Telaga Waru Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:15
Last Modified: 29 Sep 2018 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item