ANALISIS KINERJA PEMASARAN IKAN BANDENG BERBASIS MARKETING MIX DI DESA LUK KECAMATAN RHEE KABUPATEN SUMBAWA

ZULKARNAEN, RIZKY (2018) ANALISIS KINERJA PEMASARAN IKAN BANDENG BERBASIS MARKETING MIX DI DESA LUK KECAMATAN RHEE KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (193kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui karakteristik konsumen pada kinerja pemasaran Ikan Bandeng di Desa Luk Kecamatan Rhee; (2). Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada budidaya Ikan Bandeng di Desa Luk Kecamatan Rhee; (3). Untuk mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan tingkat kepuasan konsumen pada budidaya Ikan Bandeng di Desa Luk Kecamatan Rhee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis yakni pengusaha budidaya ikan bandeng. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Luk Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa secara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 82 orang yaitu konsumen dari usaha budidaya ikan bandeng yang ditentukan dengan cara insidental sampling. Analisis data yang digunakan Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Karakteristik konsumen usaha budidaya ikan bandeng sebagian besar adalah laki-laki, yang berusia 21-30 tahun, pendidikan terakhir SMA dengan jumlah kunjungan lebih dari 3 kali, sudah berkeluarga (menikah) dan memiliki pekerjaan sebagai pegawai negeri dengan pendapatan perbulan 1.500.001-2.500.000 dan 2.500.001-3.500.000, dan sudah mengetahui lokasi usaha budidaya sejak 1-2 tahun yang lalu melalui teman, berkunjung dalam jangka waktu 2 minggu sekali. Adanya keinginan untuk berkunjung kembali karena lokasi yang nyaman; (2). Berdasarkan hasil nilai CSI sebesar 84,3%, yaitu berada pada rentang skor 0,81-1,00. dengan demikian atribut dari usaha budidaya ikan bandeng dapat dikatakan sangat memuaskan konsumennya.; (3). Berdasarkan Uji Korelasi Chi Square dari 12 atribut pengukuran tingkat kepuasan konsumen terdapat satu atribut yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu “Waktu Mengetahui Lokasi”, dan sebelas atribut lainnya tidak terdapat korelasi dengan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakteristik Konsumen, Kepuasan Konsumen, Kinerja Pemasaran, Bauran Pemasaran, Budidaya Ikan Bandeng.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:16
Last Modified: 03 Oct 2018 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8194

Actions (login required)

View Item View Item