PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

SURIYANI, INDRA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL INDRA SURYANI.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) terhadap hasil belajar kimia materi hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperimental) dengan desain nonequivalent control group desaign. Populasinya adalah semua peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-gain t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,3242) > ttabel (1,671) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) memberikan pengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Kata kunci: ram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran conseptual understanding procedures, hasil belajar, materi hidrolisis ga
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:49
Last Modified: 06 Oct 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item