Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn di SDN Selanglet Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013

ABDULLAH, LALU (2013) Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn di SDN Selanglet Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DOEL SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SDN Selanglet Kecamatan Jonggat, teridentifikasi bahwa permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa. Dari 28 orang siswa hanya 38,46% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu cara penyelesaian yang ditawarkan adalah dengan Penggunaan Media Poster dalam pembelajara PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn di SDN Selanglet Kecamatan Jonggat ?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Selanglet Kecamatan Jonggat. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Selanglet Kecamatan Jonggat dengan Penggunaan Media Poster. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua siklus yang setiap siklusnya berlangsung dalam satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan tahap reflesi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus, sedangkan data aktifitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa pada siklus I dan II dari rata-rata skor 3,12 dengan Kriteria cukup baik pada siklus I, rata-rata skor untuk siklus II yaitu 4,00 dengan katagori baik pada siklus II.Sementara itu, hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 6,571%, dengan nilai rata-rata 65,71, meningkat menjadi 7,164%, dengan nilai rata-rata 71,64 pada siklus II dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Poster dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Selanglet Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penggunaan Media Poster dan Hasil Belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:49
Last Modified: 06 Oct 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item