PENGARUH METODE MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 2 KECAMATAN NARMADA TAHUN AJARAN 2017/2018

TRISANDI, RIFKI (2018) PENGARUH METODE MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 2 KECAMATAN NARMADA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.docx

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode modelling the way terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Narmada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Narmada tahun ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Lembuak (kelas eksperimen) dan siswa kelas IV SDN 3 Lembuak (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh hasil belajar adalah soal pilihan ganda. Analisis ststistik data dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol meningkat sebesar 11,40 (50,00 menjadi 61,40), sedangkan hasil belajar kelas eksperimen meningkat sebesar 22,60 (54,80 menjadi 77,40). Analisis statistik hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,487 > 2,011). Hasil analisis statistik tersebut berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode modelling the way terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Narmada tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modelling The Way, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:06
Last Modified: 08 Oct 2018 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item