TRI ANTARI, KOMANG (2018) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS B DI TK NEGERI SATAP 1 SOKONG TANJUNG LOMBOK UTARA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL.pdf Download (528kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Negeri Satap 1 Sokong, diantaranya Kemandirian anak yang masih kurang, hal ini ditandai dengan anak masih belum bisa mengerjakan tugasnya sendiri .Hal itujuga dipengaruhi oleh kurangnya metode dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak kelas B di TK NegeriSatap 1 SokongTahunAjaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest .Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dengan validitasisi 1 untuk instrument Kemandirian untuk instrument metode pemberiantugas dengan tema kebutuhanku dan reabilitas 0,93 Teknikanalisis data yang digunakan adalahUji t, dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5% (0,05). Hasilanalisis data menunjukkan bahwa t hitung lebihbesar dari t table ( 29,783˃2,056 ) yang berarti Ho ditolak, Sehinggadapat dikatakan hipotesis dalam penelitianini telahditerima. Dengandemikian dapatsimpulkan bahwa adapengaruh metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak kelas B di TKN Satap 1 Sokong Tanjung Tahun Ajaran 2017/2018. Diharapkan kepada pendidik agar dapat menggunakan metode pemberiantugas sehingga kemandirian anak bisa meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | MetodePemberianTugas, Kemandirian. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8669 |
Actions (login required)
View Item |