PENGARUH MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X MA FAJRUL HIDAYAH BATUJAI LOMBOK TENGAH

ALDIANI, MULISA (2018) PENGARUH MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X MA FAJRUL HIDAYAH BATUJAI LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL MULISA pdf.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Media Wall Chart (Bagan Dindig) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai. Hal ini disebabkan oleh siswa yang belum mampu menyusun karangan argumentasi sesuai dengan strukturnya dan kurangnya media yang memadai sebagai pendukung dalam proses pembelajaran serta mengembangkan kemampuan menulisnya. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah the one-group of pretest-posttest. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengaruh Media Wall Chart (Bagan Dinding) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah?” dan “Bagaimanakah Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Wall Chart (Bagan Dinding) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah dan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Fajrul Hidayah Batujai Lombok Tengah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Fajrul Hidayah yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus uji t, sedangkan metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah dengan metode informal yaitu perumusan dengan menggunakan tabel. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db= N-1= 15- 1=14 (th:7,755 > tt: 1,761), sehingga dinyatakan signifikan. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Wall Chart, Keterampilan Menulis, Karangan Argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:36
Last Modified: 02 Nov 2018 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item