PE NINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE STUDENT CREATE CASE STUDY PADA SISWA KELAS V SDN 1 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AGUSTINA, SINDI (2015) PE NINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE STUDENT CREATE CASE STUDY PADA SISWA KELAS V SDN 1 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal sindi agustina.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan strategi active learning tipe student create case study pada siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Adapun masing - masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I Ketuntasan Klasikal siswa mencapai 51,17% dengan aktivitas guru berada pada kategori sangat ba ik serta aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif. Pada siklus II Ketuntasan Kalsikal siswa mencapai 86,2% dengan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik serta aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, hal ini berarti Penelitian T indakan Kelas (PTK) telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan strategi active learning tipe student create case study dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Rumak Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Active Learning Tipe Student Create Case Study , Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:39
Last Modified: 13 Nov 2018 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9927

Actions (login required)

View Item View Item