PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PRAYA TIMUR

M. Hasan, Murdani (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PRAYA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (M. Hasan Murdani) E1S018035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa; (2) apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa; (3) apakah ada pengaruh interaksi model problem based learning dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan rancangan posttest only wich non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Praya Timur. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling sesudah melakukan penyepadanan kelas. Instrumen penelitian ini memakai penilaian motivasi dan tes pilihan ganda yang sudah memenuhi kualitas instrumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa; (2) ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa; (3) ada pengaruh interaksi model problem based learning dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem based learning, hasil belajar, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:27
Last Modified: 25 Oct 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32413

Actions (login required)

View Item View Item