AN ANALYSIS OF ENGLISH ACHIEVEMENT IN FINAL TEST BASED ON REVISED BLOOM’S TAXONOMY IN THE 8 TH GRADE OF SMP NEGERI 14 MATARAM

ALYA SHERLY, ROHADI (2023) AN ANALYSIS OF ENGLISH ACHIEVEMENT IN FINAL TEST BASED ON REVISED BLOOM’S TAXONOMY IN THE 8 TH GRADE OF SMP NEGERI 14 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
THESIS ARTICLE_ALYA SHERLY ROHADI_E1D018006.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Thesis_ALYA SHERLY ROHADI_E1D018006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Studi ini dilaksanakan untuk mengetahui capaian level kognitif ujian akhir yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Mataram dan untuk mengetahui pencapaian peserta didik pada ujian akhir berdasarkan Bloom Taksonomi edisi revisi. Populasi dalam studi ini adalah 269 peserta didik kelas delapan di SMP Negeri 14 Mataram tahun akademik 2021/2022 dan 41 peserta didik dijadikan sebagai sampel studi ini dengan pengambilan sampel secara acak. Data diperoleh dengan mengumpulkam dan menganalisis butir soal ujian akhir dan lembar jawaban peserta didik. Terdapat 12 pertanyaan atau 30% C1 (mengingat), 16 pertanyaan atau 40% C2 (memahami), 3 pertanyaan atau 7.5% C3 (menerapkan), dan 9 pertanyaan atau 22.5% C4 (menganalisis). Dalam butir soal esai, terdapat 3 atau 60% C1 (mengingat) dan 2 atau 40% C2 (memahami). Sebagai tambahan, skor rata-rata total jawaban benar peserta didik dalam ujian akhir adalah 18.08, SD= 6.97. Nilai tengah ialah 19 dan nilai yang sering mucul ialah 20. Secara rata-rata, pencapaian peserta didik dalam menjawab butir soal ujian akhir tersebut ialah cukup (42.46%). Dengan demikian, ini mengimplikasikan bahwa butir soal tersebut kurang terdistribusi dengan baik karena pertanyaan LOTS (lower-order thinking skills) lebih dominan dan peserta didik perlu untuk lebih berlatih untuk meningkatkan skor mereka dan mempertajam kemampaun kognitif mereka yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Butir soal, Kognitif Taksonomi Bloom edisi revisi, Pencapaian Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:13
Last Modified: 22 Feb 2023 06:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35327

Actions (login required)

View Item View Item