IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN 2 KURANJI TAHUN AJARAN 2022/2023

NI KOMANG INDAH, RANY DEWINTA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN 2 KURANJI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NI KOMANG INDAH RANY DEWINTA_E1E019224.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL_NI KOMANG INDAH RANY DEWINTA_E1E019224.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan proses pengimplementasian pendidikan karakter kedisiplinan yang dilaksanakan di SDN 2 Kuranji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui beberapa teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yakni berupa : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan teknik. Implementasi pendidikan karakter disiplin dilihat melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter kedisiplinan diawali dengan melakukan perencanaan yaitu merancang strategi, menyusun buku pedoman pengembangan SDN 2 Kuranji, menyusun rencana kerja, kurikulum, tata tertib, visi misi, tujuan sekolah dan melakukan sosialisasi. Pada tahap pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu : pertama adalah pengembangan diri agar disiplin melalui kegiatan rutin penerapan sikap disiplin, kegiatan spontan dengan memberi reward jika melakukan hal baik dan hukuman jika melakukan pelanggaran, keteladanan dengan memberikan contoh hal baik, serta pengkondisian kelengkapan sarana dan prasarana sekolah sebagai penunjang. Kedua melalui mata pelajaran dengan mencantumkan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran melalui silabus dan RPP. Ketiga penerapan sikap disiplin melalui budaya sekolah dengan memberi peraturan dan pembiasaan sikap disiplin. Tahap akhir dalam implementasi pendidikan karakter disiplin adalah evaluasi sebagai pengukur keberhasilan dan perbaikan proses penanaman pendidikan karakter disiplin yang telah dirancang dan dilaksanakan. Hasil pengimplementasian pendidikan karakter kedisiplinan menunjukkan peningkatan di setiap tahunnya, walaupun masih ada beberapa peserta didik yang kurang memiliki kesadaran mengenai kedisiplinan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Karakter Disiplin, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39634

Actions (login required)

View Item View Item