ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MARIA, ULFA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNSPECIFIED thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULFA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 24 Ampenana tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan 4 indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 24 Ampenan yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis, sedangkan wawancara untuk menggali informasi lebih mendalam terkait kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. (2) siswa yang berkemampuan berpikir kritis sedang adalah siswa yang mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis namun kurang mampu memenuhi indikator evaluasi dan inferensi. (3) siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah adalah siswa kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi, dan inferensi. Siswa kurang mampu dalam memahami soal sehingga ketika menuliskan diketahui dan ditanyakan pada soal kurang tepat dan ketika membuat model matematika terdapat kesalahan dalam penjelasan di setiap soal sehingga melakukan perhitungan kurang tepat dan tidak mampu membuat kesimpulan dari permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Dasar, SDN 24 Ampenan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:55
Last Modified: 04 Jul 2023 06:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item View Item