PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS I SDN GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG

GINANDA AZAHRA, VA ARNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS I SDN GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ginanda Azahra Va Arni (E1E019131).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ginanda Azahra Va Arni (E1E019131).pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan media Puzzle terhadap penguasaan kosakata siswa kelas I SDN Gugus 1 Kecamatan Gerung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Gugus 1 Kecamatan Gerung yang berjumlah 218 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa yang ditentukan dengan Placement Test. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan Anakova dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil uji Anakova diperoleh nilai 0.023 < 0.05 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berbantuan media Puzzle berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa kelas I SDN Gugus 1 Kecamatan Gerung. Selain meningkatnya penguasaan kosakata siswa penggunaan model pembelajaran Scramble berbantuan media Puzzle juga meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Scramble, Puzzle, Penguasaan Kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:01
Last Modified: 05 Jul 2023 08:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/40874

Actions (login required)

View Item View Item