PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SYLLABLES LETTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR HADI SAKTI

LARA, OLYVIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SYLLABLES LETTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR HADI SAKTI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Lara Olyvia (E1E218078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Lara Olyvia (E1E218078).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran khususnya untuk membaca permulaan menyebabkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran membaca berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis visual. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media Puzzle Syllables Letter untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, mengetahui kelayakan media Puzzle Syllables Letter untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti. Penelitiaan relevan yang dilakukan oleh Siti Futihat dkk (2020) memiliki letak kesamaan dengan peneliti yakni sama-sama meneliti kelas rendah, mengembangkan media puzzle huruf, sedangkan perbedaan penelitian ini dari peneliti sebelumnya terletak pada cara penggunaan media, aturan permainana, materi dan bahan yang digunakan dalam pembuatan puzzle serta perbedaan kelas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahap penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SD Hadi Sakti, yang bertempat di Jl. Hadi Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Syllables Letter yang dikembangkan dinyatakan sangat layak. Berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 92,5%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 98,529%. Respon siswa terhadap media Puzzle Syllables Letter memperoleh skor 96,25% pada uji coba kelompok kecil, sedangkan uji coba kelompok besar memperoleh skor 97,083%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media Puzzle Syllables Letter sangat layak diterapkan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran, Puzzle Syllables Letter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41941

Actions (login required)

View Item View Item