IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI STKIP YAPIS DOMPU

NURWA, DAHNIA (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI STKIP YAPIS DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURWADAHNIA E1B019160 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NURWADAHNIA-E1B019160.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu program kebijakan yang sudah di terapkan oleh menteri pendidikan kebudayaan riset pada tahun 2020 untuk menyeimbangi pemeblajaran akibat covid-19 saat itu, merdeka belajar kampus merdeka ini sudah di terapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik yang negeri maupun yang swasta. Hadirnya merdeka belajar kampus merdeka ini memudahkan para pelajar atau mahasiswa di seuruh Indonesia meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skillnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas belajar mahasiswa di STKIP Yapis Dompu. Penelelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh yang dapat di simpulkan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Program MBKM yang ada di STKIP Yapis Dompu ada tiga Program yaitu Asistensi Mengajar, Pertukaran Pelajar (Mahasiswa), dan Kewirausahaan (UKM) Merdeka, dengan Faktor kendalanya adalah 1) Proses Bimbingan DPL dilakukan secara Online (Daring) 2) Program Studi kesulitan menyesuaiakan Kurikulum MBKM dengan Kurikulum sebelumnya, 3) Keterlambatan Koversi Nilai Bagi Mahasiswa Yang Mengikuti Program MBKM, 4) Banyaknya pengeluaran Anggaran Dana bagi mahasiswa yang mengikuti Program MBKM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Merdeka Belajar Kampus Merdeka, soft skill dan hard skill, STKIP Yapis Dompu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42322

Actions (login required)

View Item View Item