PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SUSILA, APRIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUSILA APRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BUKU JURNAL SUSILA APRIANI.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooparatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 20 Ampenan yang berjumlah 36 siswa. Data diperoleh melalui pemberian tes dan observasi. Adapun tes yang digunakan adalah soal berbentuk essay yang terdiri dari pre-test dan post-test, sedangkan observasi menggunakan lembar observasi yang berupa sintak model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Teknis analisis data menggunakan rumus independent samples t-test dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika. hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung yang diperoleh yaitu t hitung > t tabel (2,347 > 1,690) dan nilai sig. 2 tailed < 0.05 yaitu 0,025 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:41
Last Modified: 31 Aug 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42462

Actions (login required)

View Item View Item