Ulfiatun, Sholeha (2023) HUBUNGAN PERSEPSI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 3 GOLONG KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ulfiatun sholeha.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
Text
BUKU JURNAL ULFIATUN SHOLEHA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara persepsi dengan hasil belajar matematika, (2) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika, (3) mengetahui hubungan antara persepsi dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang terdiri dari tiga variabel penelitian. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Golong sebanyak 29 orang siswa. Data diperoleh melalui pengisian angket persepsi siswa terhadap matematika, angket minat belajar matematika siswa dan dokumentasi nilai yang berupa nilai ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Angket sebelum digunakan untuk pengambilan data terlebih dahulu dilakukan uji coba dan hasilnya dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 26. Teknis analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,631 (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,490 (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,636.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Persepsi, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 07:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42467 |
Actions (login required)
View Item |