IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI 2023 LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI INPRES PALAMA KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023

M., AHWAN (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI 2023 LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI INPRES PALAMA KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. AHWAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL M. AHWAN.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Inpres Palama Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Inpres Palama dilaksanakan dengan cara (1) Pengembangan kurikulum sekolah meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket dan Sabtu Kerja Bakti, kegiatan spontan, keteladan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam semua mata pelajaran. Budaya sekolah melalui tamanisasi, fasilitas, motivasi kepada peserta didik, dan pengembangan karakter peduli lingkungan, kepedulian, dan tanggungjawab. (2) Pengembangan proses pembelajaran kelas dengan praktek dan pengamatan langsung, sekolah dengan pengarahan, dan tidak ada kegiatan luar sekolah yang dilaksanakan. (3) Pengembangan kesehatan sekolah meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara ruang kelas yang memadai, pengelolaan fasilitas sanitasi, pengelolaan kantin, pencegahan lingkungan dari jentik nyamuk, larangan dan penyuluhan bahaya rokok, dan sanitasi dengan poster serta himbauan/ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan karakter, peduli lingkungan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43044

Actions (login required)

View Item View Item