ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL TRIGONOMETRI DENGAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 4 MAN 1 LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

YULIA, FITRIANINGSIH (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL TRIGONOMETRI DENGAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 4 MAN 1 LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REVISI FIX FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
LoA + Artikel.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimana siswa beranggapan bahwa materi trigonometri lebih abstrak dibandingkan dengan materi lainnya. Sehingga, perlu adanya pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Deskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual trigonometri dengan metode Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu kelas X MA Negeri di Lombok Timur yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan pedoman wawancara dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kemampuan awal matematis sangat tinggi dan tinggi melakukan kesalahan pada tahap process skill dan encoding. Perbedaan keduanya terletak pada faktor penyebabnya yaitu jika subjek dengan kemampuan awal matematis sangat tinggi salah pada perhitungan sedangkan subjek dengan kemampuan awal matematis tinggi salah pada pemahaman konsep. (2) Subjek dengan kemampuan awal matematis sedang melakukan kesalahan pada tahap comperehension, process skill dan encoding. (3) Subjek dengan kemampuan awal matematis rendah melakukan kesalahan pada tahap comperehension, transformation, process skill dan encoding.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesalahan siswa, masalah kontekstual, metode Newman, kategori kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43092

Actions (login required)

View Item View Item