PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWTOON BERORIENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM

NASHRUL, KHAIRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWTOON BERORIENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nashrul Khairi_E1R019111_SKRIPSI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
NASHRUL KHAIRI E1R019111 ARTIKEL_CD.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan, namun sebagian siswa mengalami kesulitan dalam belajar karena minimnya media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis PowToon yang valid, praktis, dan efektif pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram, menggunakan metode penelitian 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Hasil penelitian berupa video MP4 materi Koordinat Kartesius yang diberi skor kevalidan 0,82 dengan kategori sangat valid oleh 4 validator. Produk juga praktis dengan skor kepraktisan 84,6%, berdasarkan respon 24 siswa terhadap penggunaan media ini dalam materi koordinat kartesius. Media ini terbukti sangat efektif dengan tingkat ketuntasan siswa mencapai 83,33% dalam tes uji coba terbatas. Media pembelajaran disebarluaskan melalui YouTube untuk kemudahan akses siswa. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis PowToon dapat dianggap valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Powtoon, Media Pembelajaran, Koordinat kartesius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43303

Actions (login required)

View Item View Item