PENGARUH PENAMBAHAN OLI BEKAS DAN LIMBAH PLASTIK HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) PADA ASPAL BUTON TERHADAP KARAKTERISTIK DASAR ASPAL

ALI, BAHSAR (2023) PENGARUH PENAMBAHAN OLI BEKAS DAN LIMBAH PLASTIK HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) PADA ASPAL BUTON TERHADAP KARAKTERISTIK DASAR ASPAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A019010 -Ali Bahsar-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
F1A019010 -Ali Bahsar-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran foto kegiatan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekitar 663 juta ton Asbuton belum maksimal dimanfaatkan disebabkan kualitas yang rendah, getas dan mudah pecah, walaupun titik lembeknya tinggi. Salah satu cara untuk memperbaiki mutu aspal adalah dengan melakukan modifikasi seperti menggunakan polimer dan atau bahan lainnya. Bahan modifikasi yang memungkinakn digunakan adalah oli bekas sebagai pelunak dan plastik High Density Polyethylene (HDPE) unutuk mempertahankan keunggulan Asbuton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dasar Asbuton jika dimodifikasi oli bekas dan plastik HDPE. Pengujian yang dilakukan meliputi uji penetrasi, berat jenis, daktilitas, kehilangan berat, titik lembek, titik nyala dan titik bakar. Selain itu akan ditentukan kadar oli bekas dan plastik HDPE yang menghasilkan aspal modifikasi yang paling baik. Dalam pengujian yang dilakukan, Asbuton dimodifikasi oli bekas konstan 5% dengan variasi plastik HDPE 0%, 2%, 4%, dan 6% kemudian, HDPE konstan 2% dengan variasi oli bekas 0%, 3%, 5%, dan 7%. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa modifikasi dengan oli bekas dapat meningkatkan nilai penetrasi dan daktilitas aspal tetapi menurunkan berat jenis, titik lembek, titik nyal dan titik bakar. Plastik HDPE dapat meningkatkan titik lembek, titik nyala dan titik bakar, tetapi menurunkan nilai penetrasi, berat jenis dan daktilitas aspal. Kadar penambahan oli bekas dan plastik HDPE yang menghasilkan aspal modifikasi yang paling baik adalah 5% oli bekas dan 6% HDPE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asbuton, aspal, plastik, High Density Polyethylene (HDPE), oli bekas, karakter dasar aspal.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43579

Actions (login required)

View Item View Item