PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MIND MAPPING PADA SISWA KELA 3 DI SDN 40 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SUKMA, WATI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MIND MAPPING PADA SISWA KELA 3 DI SDN 40 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Sukmawati_E1E218161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Sukmawati _E1E218161.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menulis Puisi pada siswa Kelas III SD Negeri 40 Ampenan dengan metode peta pikiran (mind mapping). Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas III SD Negeri 40 Ampenan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kegiatan guru pada siklus I nilainya 2,56 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,67 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I nilainya 2,67 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,75 dengan kriteria sangat baik. Kedua ada peningkatan kemampuan menulis puisi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis puisi dari rata-rata 61,2 menjadi 65,8 dengan ketuntasan klasikal 68% dan pada siklus II ada peningkatan kemampuan menulis puisi dari rata-rata 65,8 menjadi 73,4 dengan ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian, Metode Peta Pikiran ( Mind Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa Kelas III SD Negeri 40 Ampenan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan menulis puisi, metode peta pikiran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Dec 2023 23:54
Last Modified: 05 Dec 2023 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43706

Actions (login required)

View Item View Item