ANALISIS KESULITAN GURU KELAS IV DAN V DALAM MENYUSUN SOAL HOTS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 2 PERAMPUAN

ATIKATUL, HULAIPAH (2023) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS IV DAN V DALAM MENYUSUN SOAL HOTS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 2 PERAMPUAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2. JURNAL ATIKA ASLI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru kelas IV dan V dalam menyusun soal HOTS pada mata pelajaran IPAS di SDN 2 Perampuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan guru kelas V SDN 2 Perampuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesulitan guru dalam menyusun soal HOTS diantaranya guru kesulitan memahami konsep soal HOTS, kesulitan merumuskan soal yang berbasis HOTS, kesulitan mengembangkan soal HOTS, kesulitan menghubungkan HOTS dan tujuan pembelajaran, kesulitan memahami standar penilaian soal HOTS, kurangnya dukungan sumber daya dan pelatihan, pengaruh kualifikasi dan pengalaman, dan kesulitan menyesuaikan dengan kurikulum dan kemampuan siswa. Upaya untuk mengatasi masalah adalah dengan cara sekolah menyelenggarakan pelatihan menyusun soal HOTS, menyediakan buku dan modul soal HOTS yang sesuai dengan kompetensi dan indikator.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan guru, soal HOTS, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43836

Actions (login required)

View Item View Item