PENGEMBANGAN KOBER (KOTAK BERHITUNG) PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

ISROTUL, AENI (2023) PENGEMBANGAN KOBER (KOTAK BERHITUNG) PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Isrotul Aeni_E1E019164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ARTIKEL FINAL_Isrotul Aeni_E1E019164.pdf

Download (988kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SDN 52 Cakranegara yaitu tidak adanya penggunaan media pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KOBER pada materi operasi bilangan cacah kelas 2, yang valid dan praktis sebagai produk media pembelajaran untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran KOBER, angket respons guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran KOBER. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran KOBER yang telah dikembangkan memenuhi standar validitas dengan persentase penilaian pada tahap validasi materi sebesar 84,09 % dengan kriteria sangat valid dan tahap validasi media sebesar 91,07 % dengan kriteria sangat valid. Pada tahap uji kepraktisan media telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,11 % dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 88,88 % dari guru dengan kriteria sangat praktis dan 96,66 % dari siswa dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji kepraktisan, media KOBER yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Matematika, KOBER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44213

Actions (login required)

View Item View Item