Analisis Penerapan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Pasca Pandemi Siswa Kelas IV SDN 51 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024

Sapira, Yunia (2024) Analisis Penerapan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Pasca Pandemi Siswa Kelas IV SDN 51 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sapira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Sapira.pdf

Download (874kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Nilai-nilai Karakter yang terintegrasi Dalam Pembelajaran PPKn Siswa Kelas IV SDN 51 Cakranegara dan bagaimana penerapan nilainilai karakter dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, dan siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi menurut Milles dan Huberman. Validitas data yang digunakan yaitu dengan triangulasi tehnik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran PPKn ada lima yaitu religius,nasionalisme, mandiri, integritas, dan gotong royong. Dan pengimplementasian nilai-nilai karakter tersebut melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelakasanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai karakter, Pembelajan, pandemi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:53
Last Modified: 05 Apr 2024 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44852

Actions (login required)

View Item View Item