Pelatihan Pembuatan dan Pemeliharaan Bibit Nata de Soya bagi Kelompok Pengrajin Tahu di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram

Sarkono, Sarkono and Suana, I Wayan and Hadi, Islamul and Suhendra, Dedy, Suhendra, D. Pelatihan Pembuatan dan Pemeliharaan Bibit Nata de Soya bagi Kelompok Pengrajin Tahu di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram. LPPM Universitas Mataram. (Unpublished)

[img] Text
Ringkasan pengabdian bibit nata.docx

Download (33kB)

Abstract

Abstrak Limbah cair pengolahan tahu kaya bahan organik yang apabila langsung dibuang ke lingkungan dapat menyebabkan pencemaran. Salah satu cara pemanfaatan limbah tahu menjadi produk yang bermanfaat adalah dengan pembuatan nata de soya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada pengrajin tahu di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram mengenai teknologi pembuatan dan pemeliharaan bibit nata de soya. Kegiatan terdiri dari 2 tahapan yaitu pemberian materi (tutorial) dan praktek pembuatan dan pemeliharaan bibit nata. Pemberian materi diharapkan dapat membentuk pemahaman secara teoritis mengenai bakteri yang berperan dalam pembuatan nata de soya, metode isolasi bakteri pembentuk nata dari buah, teknik pemeliharaan bibit nata yang sudah didapatkan agar tersedia secara berkelanjutan untuk proses produksi nata. Melalui praktek diharapkan dapat membentuk keterampilan peserta pelatihan sehingga selepas kegiatan ini dapat mempraktekkan secara mandiri maupun berkelompok. Secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan baik. Peserta telah mampu mengaplikasikan materi penyuluhan yang diberikan oleh tim dalam bentuk praktek pembuatan dan pemeliharaan bibit nata. Praktek pembuatan dan pemeliharaan bibit nata telah menghasilkan bibit nata dengan kualitas yang baik, walaupun masih ada beberapa bibit yang terkontaminasi.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Limbah cair tahu, Nata de soya, Gluconacetobacter xylinus.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Sarkono S Sarkono
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:59
Last Modified: 14 Nov 2018 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item