PENYULUHAN PEMBERDAYAAN PERAJIN GULA AREN DALAM PENINGKATAN EKONOMI KERAKYATAN DI DESA LANGKO KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sahri, Sahri and Hailudin, Hailudin and Daeng, Akung and Manan, Abdul PENYULUHAN PEMBERDAYAAN PERAJIN GULA AREN DALAM PENINGKATAN EKONOMI KERAKYATAN DI DESA LANGKO KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Unpublished)

[img] Text
RINGKASAN-2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
RINGKASAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan Pemberdayaan perajin gula aren, antara lain berupa bimbingan dan pembinaan dengan maksud untuk menciptakan iklim dan kondisi yang memungkinkan. Pemberdayaan perajin gula aren akan tumbuh dan berkembang, seperti melalui pendidikan/pelatihan dan penyuluhan yang telah dilakukan, sehingga mereka termotivasi untuk berusaha lebih giat. Metode dan isi materi penyuluhan yang telah disampaikan mendapat sambutan hangat dari para peserta penyuluhan. Hal ini sebagai cermin kebutuhan mereka untuk mengikatkan diri dalam melaksanakan kegiatan usaha yang sedang ditekuninya, baik sebagai perajin gula aren maupun sebagai penjual. Keseriusan Tim Penyuluh dalam melaksanakan kegiatan ini merupakan modal utama (sebagai faktor pendorong) untuk mengatasi kekurangan pengetahuan dan ketrampilan usaha, yang sekalipun belum sepenuhnya teratasi. Melalui ketekunan dan keuletan dalam usaha perajin gula aren dapat meningkatkan hasil usahanya dengan menentukan besaran jumlah barang yang dihasilkan, sehingga dapat menambah penghasilan.. Melalui penyuluhan ini para peserta mengetahui besarnya manfaat dalam kerja sama atau berkelompok dalam menjalankan usahanya. Adanya kerja sama antar kelompok dalam usaha sejenis dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan guna mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): peningkatan ekonomi, perajin gula aren, desa langko
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mr akung daeng
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:04
Last Modified: 06 Feb 2019 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item