PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN(POE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

NURBAITI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN(POE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi NURBAITI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain(POE) berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Lombok Tengah yang berjumlah 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehinggan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas X MIA-2 sebagai kelaskontrol yang berjumlah 23 siswa. Sebelum diberi perlakuan kedua sampel diberi tes awal untuk mengetahui kemampuan awalnya. Berdasarkan hasil uji homogenitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 66 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55 dengan nilai tertinggi 75. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled variansdengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh hasil , sedangkan . Berdasarkan hasil tersebut, berarti lebih besar daripada , sehinggan ditolak.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict-Observe-Explain(POE) berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Predict-Observe-Explain(POE), simulasi virtual, penguasaan konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 00:59
Last Modified: 13 Jul 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16064

Actions (login required)

View Item View Item