SURVEI IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SDN GUGUS 4 SELAPARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Hamidatun, Sani (2019) SURVEI IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SDN GUGUS 4 SELAPARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi full fix 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan ketepatan pelaksanaan setiap aspek dan teknik penilaian autentik pada setiap sekolah di Gugus 4 Selaparang, mendeskripsikan keterlaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik integratif di SDN Gugus 4 Selaparangdan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian autentik. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik keterlaksanaan penilaian autentik di jenjang sekolah dasar dan mencari solusi dari kendala-kendala dalam pelaksanaannya dalam rangka memperbaiki sistem penilaian pendidikanPenelitian ini merupakan jenis penelitian mix methodsdengan pendeketan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas I dan IV yang berjumlah 12 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ketepatanpelaksanaan setiap aspek dan teknik penilaianautentik pada masing-masing sekolah berbeda-beda. Pelaksanaanpenilaian autentikSDN 10 Mataram sebesar 67,51% termasuk dalam kategori cukup, di SDN 24 Mataram sebesar 80,57%termasuk dalam kategori baik, di SDN 33 Mataram sebesar 75,30%termasuk dalam kategori baik, dan di SDN 34 Mataram sebesar 72,94%termasuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan proses pelaksanaan penilaian autentik padapembelajaran tematik integratif yang dilakukan oleh guru sudah baik dengan persentase sebesar 73,16%. Adapun faktor pendukung berupa pelatihan, buku guru dan siswa, tutor sebaya, alat peraga, laptop, dukungan kepala sekolah, dan motivasi guru untuk melakukan penilaian. Sedangkan faktor penghambat yaitu membutuhkan waktu yang lama, jumlah siswa dan format penilaian terlalu banyak, kurangnya sarana dan prasarana, kurang memahami pengoperasian komputer, kurangnya kemampuan membaca dan kemampuan berbicara siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): implementasi penilaian autentik, tematik integratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:19
Last Modified: 13 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item