Analisis Strategi Toko/Ritail Tradisional Dalam Menghadapi Minimarket/Ritail Modern Di Kabupaten Lombok Tengah

Junaidi, Sagir (2021) Analisis Strategi Toko/Ritail Tradisional Dalam Menghadapi Minimarket/Ritail Modern Di Kabupaten Lombok Tengah. Analisis Strategi Toko/Ritail Tradisional Dalam Menghadapi Minimarket/Ritail Modern Di Kabupaten Lombok Tengah, 9 (2). pp. 171-192. ISSN pISSN : 0853-9571 eISSN : 2477-1767

[img]
Preview
Text
Distribusi Vol 9 No 2, September 2021 (2).pdf

Download (352kB) | Preview
Official URL: https://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribus...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi toko/ritail tradisional dalam menghadapi minimarket/ritail modern modern, disamping itu untuk mengetahui alternatf strategi yang tepat dari toko/ritail tradisional dalam menghadapi minimarket/riteil modern. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif terapan. Jumlah populasi dalam penelitian ini pengusaha, pengelola toko tradisional, masyarakat/konsumen sekitar toko/minimarket, metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode sample survey. dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Probability Sampling. Jenis data adalah data kualitatif dan kualitatif. Prosedur analisis yang digunakan adalah analisis lima kekuatan Porter, analisa SWOT, analisis Faktor Internal & Analisis Faktor Eksternal dan analisis Matriks SPACE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Berlian Porter, pasar tradisional (toko kelontong) memiliki keunggulan yang didukung oleh kondisi faktor, kondisi permintaan, industri terkait dan pendukung, peran pemerintah dan kesempatan. Strategi yang dapat direkomendasikan adalah 1) Strategi S-O: membangun konsep onestop shopping dan tetap menggunakan sitem tradisional, tidak swalayan. 2) Strategi S-T: menjaga dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, pertahankan imege toko dan membuat standarisasi pelayanan. 3) Strategi W-O memanfaatkan bantuan KUR dan laba penjualan untuk memperbaiki kekurangan toko serta memperluas jaringan dan mencari pasokan barang di tempat yang murah. 4) Strategi W-T: meningkatkan kualitas pelayanan sebagai upaya dalam mempertahankan pelanggan, dan membuat standarisasi pelayanan. Sedangkan berdasarkan analisis IFAS, EFAS, dan matriks Space di temukan bahwa took/retail tradional harus menggunakan strategi yang agresif dalam menghadapi toko/retail modern.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Strategic Management, Traditional retailers, minimarket.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs. H. Junaidi Sagir MBA
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:22
Last Modified: 18 Aug 2022 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item