PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SANGGAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

HAIRUL, IMAM (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SANGGAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAIRUL IMAM edit baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sanggar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sanggar sejak Januari 2022 sampai Maret 2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sanggar Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrument tes hasil belajar yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal yang meliputi ranah kognitif dari C1 sampai C6. Instrument tes hasil belajar sebelum digunakan dalam penelitian juga harus memenuhi syarat yaitu validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Dalam penelitian ini menggunakan dua sampel kelompok kelas sehingga diuji homogenitas varians, uji normalitas, dan terakhir uji hipotesis yait uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 soal instrumen tes yang memenuhi syarat. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 79.00, sedangkan pada kelas kontrol adalah 69,35. Dari analisis data berdasarkan uji F diperoleh data penelitian homogen, dan berdasarkan uji x2 diperoleh bahwa data terdistribusi normal. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya adalah ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap peningkatan hasil belajar IPA Fisika kelas X SMA Negeri 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif; NHT; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:26
Last Modified: 21 Sep 2022 07:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32016

Actions (login required)

View Item View Item