ANALISIS TINGKAT KESADARAN METAKOGNITIF DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUMBAWA BESAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA

ARUNA AKBAR, ZHAFRANSYAH (2022) ANALISIS TINGKAT KESADARAN METAKOGNITIF DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUMBAWA BESAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARUNA AKBAR ZHAFRANSYAH_E1M018010 BAKAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karakteristik pembelajaran kimia adalah adanya kajian pada level submikroskopis, yang meliputi struktur, dinamika, dan transformasi partikel- partikel materi, seperti atom, ion, dan molekul. Selain itu, konsep-konsep kimia juga cenderung saling berkaitan satu dengan lainnya, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Kesadaran metakognitif yang didukung dengan nilai-nilai pendidikan karakter diharapkan bisa menjadi solusi agar siswa bisa belajar kimia dengan baik. Karakter belajar yang melekat pada siswa akan mendukung kesempurnaan pengaplikasian kesadaran metakognitif untuk membuat kondisi belajar yang efektif dan efisien. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan melalui proportional random sampling yang dilakukan pada lima kelas MIA XI. Sampel yang didapatkan sejumlah 120 sampel dengan jumlah 24 siswa setiap kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kategori kesadaran metakognitif siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sumbawa berada lebih banyak pada kategori tinggi sebesar 35,83% (2) kategori nilai-nilai pendidikan karakter (rasa ingin tahu, jujur, kerja keras, dan disiplin) siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sumbawa berada lebih banyak pada kategori tinggi sebesar 41,67%. Kesadaran metakognitif dan nilai-nilai pendidikan karakter siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar pada kelas XI MIA hendaknya dipertahankan dan dikembangkan secara berkelanjutan sehingga karakter bangsa yang berwawasan metakognisi pada siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar menjadi nilai yang konsisten atau membudaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kimia, kesadaran metakognitif, nilai-nilai pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:38
Last Modified: 06 Dec 2022 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33630

Actions (login required)

View Item View Item