NILAI PENDIDIKAN CERPEN GURU KARYA PUTU WIJAYA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2013) NILAI PENDIDIKAN CERPEN GURU KARYA PUTU WIJAYA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL KHAIRUNNISA.docx

Download (101kB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah deskripsi nilai-nilai pendidikan dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya (2) bagaimanakah kaitan nilai-nilai pendidikan dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah metode studi kepustakaan dan metode pencatatan, pada metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Metode penyajian data berupa metode tekstular. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Guru antara lain, motivasi, kasih sayang, tolong menolong, nasihat, rela berkorban, pantang menyerah, menghormati orang tua, keberanian, dan nilai religi. Selanjutnya, (2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA. Adapun SK yang digunakan ialah membahas cerpen melalui kegiatan diskusi dengan KD menemukan nilai-nilai cerpen melalui kegiatan diskusi. (3) penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dan panduan untuk siswa SMA karena cerpen tersebut dapat memenuhi kriteria-kriteria pemilihan bahan ajar dan berkaitan dengan tujuan pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA maka, siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahamannya dalam mengapresiasi karya sastra (cerpen), karena cerpen tersebut memiliki kelebihan yakni mampu memperbaiki prilaku siswa dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berimajinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Cerpen, dan Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:13
Last Modified: 16 May 2018 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item