IBNI MARYANA, LULUK (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO CD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (202kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak tertarik mengajukan dan menjawab pertanyaan guru serta siswa terkadang tidak paham terhadap percobaan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan video CD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan menggunakan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar dianalisis dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus uji-t polled varians dan N-Gain. Diperoleh thitung sebesar 5,710 dan ttabel sebesar 1,995 dengan taraf signifikan 5% dan nilai N-Gain untuk kelas eksperimen 85% dan kelas kontrol 79%. Peningkatan yang dialami kelas ekperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga dapat membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Video CD lebih efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar pembelajaran dapat berlangsung optimal yaitu alokasi waktu diatur dengan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran berbasis masalah, video CD, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 May 2018 01:45 |
Last Modified: | 30 May 2018 01:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4418 |
Actions (login required)
View Item |