HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU TERHADAP PROFESI DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MATARAM

AMINAH, SITI (2015) HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU TERHADAP PROFESI DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis.docx

Download (190kB)

Abstract

Permasalahan pendidikan yang terjadi di Kecamatan Mataram adalah rendahnya hasil UN, hal ini disebabkan oleh kemampuan dan keterampilan kepala sekolah tentang supervisi akademik dan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran. Dari fakta tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut apakah ada hubungan antara supervisi kepala sekolah, persepsi guru terhadap profesi dengan kualitas pembelajaran serta supervisi kepala sekolah dan persepsi guru terhadap profesi secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran pada sekolah dasar negeri se-Kecamatan Mataram?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan persepsi guru terhadap profesi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran pada sekolah dasar negeri se-Kecamatan Mataram. Untuk memperoleh data dalam penelitian adalah menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Mataram. Sampel penelitian sebanyak 60 orang guru yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian menemukan ada hubungan positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah, persepsi guru terhadap profesi dengan kualitas pembelajaran serta supervisi kepala sekolah dan persepsi guru terhadap profesi secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran pada sekolah dasar negeri se-Kecamatan Mataram. Dapat direkomendasikan dari uji komparasi dan uji statistik ternyata secara bersama-sama supervisi kepala sekolah dan persepsi guru terhadap profesi memberikan kontribusi yang lebih signifikan daripada secara parsial. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan supervisi, menjalin komunikasi intensif dengan guru dan kepala sekolah berperan sebagai pemimpin pembelajaran dan mengurangi tugas-tugas administratif dan bagi guru dapat dilakukan dengan meningkatkan sikap professional terhadap tugas, meningkatkan kecakapan diagnostik, aktif dalam KKG dengan mengedepankan prinsip kekeluargaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kualitas pembelajaran, supervisi kepala sekolah, persepsi guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item